sEputaR RembaNg

  

KABUPATEN REMBANG 

Rembang berada di jalur pantura timur Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi gerbang sebelah timur Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur. Daerah perbatasan dengan Jawa Timur (seperti di Kecamatan Sarang, memiliki kode telepon yang sama dengan Tuban (Jawa Timur).

Bagian selatan wilayah Kabupaten Rembang merupakan daerah perbukitan, bagian dari Pegunungan Kapur Utara, dengan puncaknya Gunung Butak (679 meter). Sebagian wilayah utara, terdapat perbukitan dengan puncaknya Gunung Lasem (806 meter). Kawasan tersebut kini dilindungi dalam Cagar Alam Gunung Celering.

Kabupaten Rembang terletak di ujung timur laut Propinsi Jawa Tengah dan dilalui jalan Pantai Utara Jawa (Jalur Pantura). Secara astronomis berada pada garis koordinat 111 o 00′ – 111 o 30′ Bujur Timur dan 6 o 30′ – 7 o ,6′ Lintang Selatan. Laut Jawa terletak disebelah utaranya, secara umum kondisi tanahnya berdataran rendah dengan ketinggian wilayah maksimum kurang lebih 70 meter di atas permukaan air laut. 

Batas Wilayah Kabupaten Rembang:

  • Sebelah utara     : Laut Jawa.

  • Sebelah timur     : Kabupaten Tuban (Jawa Timur).

  • Sebelah selatan : Kabupaten Blora.

  • Sebelah barat     : Kabupaten Pati.

KONDISI GEOGRAFIS

Secara administrasi Kabupaten Rembang terbagi dalam 14 kecamatan, 287 desa dan 7 kelurahan dengan luas wilayah secara keseluruhan 101.408,283 Ha. Kabupaten Rembang merupakan wilayah yang terletak di pantai utara pulau Jawa, merupakan daerah pinggiran (pheripheral) wilayah Jawa Tengah, dimana terdapat 6 kecamatan yang berada di pinggiran pantai, 6 kecamatan tersebut adalah  kecamatan Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan dan Sarang. Panjang pantai pada 6 wilayah kecamatan ini adalah 60 Km. Pegunungan di kabupaten Rembang termasuk dalam deretan pegunungan Kendeng Utara yang potensial untuk pembuatan kapur / gamping. Puncak gunung tertinggi adalah Gunung Lasem (806 m dpl) dan kemudian Watu Putih (495 m dpl )

IKLIM DAN CUACA

Daerah Kabupaten Rembang terletak antara ketinggian 0 M sampai 806 M dari permukaan air laut, dengan kondisi cuaca berkisar antara 23 o – 35 o C, dengan curah hujan rata-rata pertahun ±  1.044 cm3/tahun.

sumber: http://www.rembangkab.go.id/


17 Réponses to “sEputaR RembaNg”

  1. ellho…..kecamatan sulang dan kecamatan pamotan kok ndak disebut….pripun?

  2. iya eeeee. aku cah sulang.

  3. wah, rembang wis musim rambutan… ketone kok enak, hehehhh.
    salam kenal wae mas, teko cah juwana

    http://juwana.info

  4. protes tuh ama rembangkab.go.id :P

  5. bu, numpang iklan ya. kalo kangen atau pingin nyobain kawis, ke aslirembang.com ya. matur nuwun

  6. untuk kota rembang:
    laptop pendidikan potongan pe 1jt-3jt
    legal,dan resmi program laptop
    umum dan untuk pembeliab massal……….,,by lulus mahasiswa (wong rembang juga)solo(085642351431)kami akan ketempat anda lansung
    (kami hany melayani orang butuh)

  7. mohon di umumkan ya……….,,,beli laptop ko0k mahal………..,,hbngi wong rembang kuliahnya di solo(085642351431)

  8. oo.. aku br tau nih letak pstinyanya,, selama ini cm prnah dgr dr tmn aj,, makasih y infonya

  9. mas, gimana nasib gunung butak, apa tambah butak karena diambil batunya secara eksploitatif besar-besaran dengan di dinamit . Ini perbuatan ‘ penguasa ‘ (uang dan kekuasaan) fandaliztis ala Salim dkk. emangnya Rembang ini punya mereka, sehingga masyarakat petani Sale Gunem dan Pamotan jadi miskin akibat pertaniannya gagal dan Sakit-sakitan akiban polusi debu dan getaran dinamit merluluh lantakkan rumah dan bangunan di sekitar desa tahunan, mrayun, krinjo. dan debu dari batu-batuan yang diangkut truk-truk melalui kecamatan Sale, jatirogo, bulu, bancar membuat susahnya hidup warga disekitar jalan yang dilewati truk-truk yang ribuan tiap harinya. Ini tanggung jawab siapa, pemilik pertambangan, salim Bupati Rembang dan atua haeny si Bupati Tuban,

  10. salahe dewe pilih bupati koyo ngono…emange jaminan nek bupatine wes sugih???? seng dadi korban yo rakyate!!!

  11. Injjeh mas brow
    bener tenan to
    salah sopo disek mileh
    ente semua tau kan lagunya mata band
    itu to yg berjudul
    jambu(. . . . .. . . . . .)
    injeh to
    sumonggo
    sankeng ane si udin udinan :p

  12. woy rame tenan iki
    aq cah paks
    kenalno yo

  13. Salam Kenal..!!!
    Dari anak SMAN 1 Lasem…..
    Lain kali kalau nulis nama kecamatannya yang lengkap, OK.
    Semoga bermanfaat.

  14. saya dari Jakarta baru sampai Rembang, saya kira Rembang itu Jawa Timur, ternyata masih Jateng ta

  15. rembang yg bgs dimana…saya disini yari t4 yg enk susah bngt…..

  16. suararembang.net penyaji berita Rembang paling lengkap dan terkini. Bisa dimanfaatkan sebagai media promosi produk bisnis Anda.

  17. Mudah2an rembang semakin maju…dan pemimpin yg menzolimi rakyatnya mendapat ganjaran dan karma yg setimpal…

Laisser un commentaire

Entrez vos coordonnées ci-dessous ou cliquez sur une icône pour vous connecter:

Logo WordPress.com

Vous commentez à l'aide de votre compte WordPress.com. Déconnexion / Changer )

Image Twitter

Vous commentez à l'aide de votre compte Twitter. Déconnexion / Changer )

Photo Facebook

Vous commentez à l'aide de votre compte Facebook. Déconnexion / Changer )

Photo Google+

Vous commentez à l'aide de votre compte Google+. Déconnexion / Changer )

Connexion à %s

 
Suivre

Recevez les nouvelles publications par mail.

%d blogueurs aiment cette page :